Aksi Pelayanan Paskah Imasika FMIPA Untan di Stasi Santa Maria Tak Bernoda Retok Acin Sungai Ambawang

 


      "Aksi Pelayanan Paskah Imasika FMIPA Untan di Stasi Santa Maria Tak Bernoda Retok Acin Sungai Ambawang"

Ikatan Mahasiswa Katolik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (Imasika FMIPA Untan) adakan Aksi Pelayanan Paskah (APP) di Stasi Santa Maria Tak Bernoda Retok Acin, Paroki Santo Fidelis Sungai Ambawang, Kubu Raya. Kegiatan pelayanan selama masa Pekan Suci Paskah tersebut diselenggarakan pada 3-4 April 2021, saat perayaan Sabtu Suci dan Minggu Paskah. 

Bila dilihat dari letak geografisnya, Dusun Retok Acin terletak di Desa Retok Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya. Namun Parokinya sendiri masuk ke Paroki Santo Fidelis Sungai Ambawang. Rombongan peserta APP 2021 yang ikut dalam kegiatan pelayanan di dusun tersebut berjumlah 22 orang, terdiri dari pengurus, dewan penasehat, dan keluarga besar Imasika. Dalam pelayanan tersebut hadir juga Ketua Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Untan, Julianus Juli. 

Kepala Divisi Pelayanan Imasika FMIPA Untan Periode 2020-2021, Silvia Windy mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan pelayanan yang dilaksanakan setiap tahunnya itu adalah untuk berbagi sukacita Paskah. Selain itu, kegiatan tersebut juga bagian dari upaya Imasika FMIPA Untan untuk melayani mereka yang membutuhkan dan bersama-sama merayakan peringatan Kebangkitan Yesus Kristus.

"Tujuan kegiatan pelayanan ini adalah untuk berbagi sukacita Paskah, melayani mereka yang membutuhkan dan bersama-sama merayakan peringatan Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus," kata Mahasiswi Prodi Biologi 2018 itu.

Perdinandus Melki selaku Ketua Umum Imasika FMIPA Untan 2020-2021 menambahkan, selama persiapan kegiatan pengurus Imasika berkoordinasi langsung dengan pengurus Gereja dan Orang Muda Katolik di Stasti Retok Acin untuk menyampaikan tujuan pelayanan mereka. Kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID-19 itu sudah mendapat izin dari Dosen Pendamping Imasika FMIPA Untan, Fransiskus Frans, S.Si., M.Si. 

"Dalam persiapannya, kami menghubungi pengurus Gereja dan OMK (Orang Muda Katolik) di Stasi Retok Acin untuk menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan kami, setelah itu kami juga melakukan konsultasi dengan Dosen pembina untuk meminta izin melakukan kegiatan APP ini di luar kota," ungkap Melki, Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan 2018.

Kemudian mereka juga melibatkan Frater Pendamping Imasika dalam perancangan konsep pelayanannya, Fr. Yakobus Lagar Witin. Adapun rangkaian kegiatan APP Imasika 2021 adalah sebagai berikut :

1. Pelayanan di gereja dengan menjadi petugas Ibadat Malam Paskah dan Hari Raya Paskah.
2. Nonton bersama kisah sengsara Yesus saat Malam Paskah.
3. Membagikan masker kepada umat di hari Minggu pagi.
4. Ramah tamah bersama OMK Retok Acin.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa/i yang terhimpun di Imasika FMIPA Untan juga berkesempatan untuk menimba pengalaman menjadi pelayan dan pemimpin lewat tugas-tugas yang mereka jalankan di stasi itu. Mereka ikut ambil bagian menjadi petugas lektor / bacaan, doa umat, pembawa persembahan, mazmur, dan pemimpin ibadat.

Ibadat Malam Paskah sendiri dipimpin oleh Ketua Umum Imasika FMIPA Untan. Sementara itu, ibadah di Minggu Paskah dipimpin oleh Bruder Martinus Konang, Cp yang mendapat tugas perutusan dari Paroki Santo Fidelis Sungai Ambawang.

Aksi pelayanan itu disambut baik oleh umat setempat. Antonius selaku Ketua Umat Stasi Santa Maria Tak Bernoda Retok Acin turut menyampaikan rasa syukurnya atas kehadiran Imasika FMIPA Untan yang sangat membantu pelayanan selama masa Pekan Suci distasinya.

"Kami merasa bersyukur atas kehadiran Imasika untuk berkunjung dan membantu menjadi petugas di gereja selama di tempat kami," ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap kegiatan yang positif dan bermanfaat itu dapat terus dilanjutkan kedepannya.

"Semoga kegiatan ini terus dilanjutkan kedepannya, Tuhan memberkati," tutup Antonius.

Di akhir ibadah Minggu Paskah, diadakan foto bersama dengan umat Stasi Retok Acin. Imasika FMIPA Untan juga memberikan plakat kenang-kenangan untuk umat di stasi.



  






No comments:

Post a Comment