Penutupan TaBelNaKeR 2019

 

Pontianak – Ikatan Mahasiswa Katolik (Imasika) St. Thomas Aquinas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) mengadakan penutupan TaBelNaKeR (Tahap Pembelajaran dan Pembinaan Kepemimpinan Rohani) di Bukit Hati Kudus (BHK) Darit, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, Minggu (15/03/2020).

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut (13-15 Maret 2020), mengangkat tema: ”Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.“ Tema ini dikutip dari (Ibrani 10:24) dan dengan sub-tema: “Hendaklah kamu sehati sepikir  dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!” Sub-tema ini dikutip dari (Roma 12:16).

Adapun yang menjadi target peserta dalam kegiatan TaBelNaKeR 2019 ini adalah mahasiswa-mahasiswi Katolik FMIPA Untan angkatan 2019. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 79 orang yang berasal dari berbagai program studi di FMIPA Untan.

Untuk meramaikan kegiatannya, selain tim TaBelNaKeR 2019 dan pengurus Imasika St. Thomas Aquinas, turut hadir juga Frater Rupinus Kehi yang merupakan Frater pendamping Imasika dan Frater Vascalis Risci Ariyan yang merupakan Frater pendamping Imasika periode 2018/2019. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Keluarga Besar Imasika, baik yang masih berstatus sebagai mahasiswa dan juga yang sudah menjadi alumni.

Bartolomius, selaku CO Tim TaBelNaKeR 2019 menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari pengkaderan dan pembinaan kepemimpinan mahasiswa-mahasiswi Katolik FMIPA Untan dan merupakan satu di antara Program Kerja unggulan Divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) Imasika St.Thomas Aquinas.

Selain proses kaderisasi juga untuk mendapatkan kader Imasika yang baik dan beriman pada Yesus Kristus, berjiwa kepemimpinan dan bertanggung jawab, serta meningkatkan rasa kekeluargaan satu dengan yang lainnya, kegiatan ini juga sangat menarik. Karena selain menambah wawasan rohani, kegiatan ini dapat mempererat hubungan kekeluargaan antara junior dan senior, serta dapat membuang suntuk dan penat ketika kuliah,” ujar Bartolomius.

Senada dengan CO Tim Agustinus Eusebius atau biasa di panggil Ocen, selaku Ketua Umum Imasika St. Thomas Aquinas menambahkan, “semua hal sudah dipersiapkan dengan baik, namun belum maksimal dalam pelaksanaannya tapi tidak masalah, ya yang namanya manusia pasti tidak luput dari kesalahan. Bangga kepada keluarga besar Imasika yang selalu mendukung, terutama ketika pengurus dan Tim TaBelNaKeR meminta saran dan masukannya. Terima kasih kepada Tim yang sudah mempersiapkan kegiatan dan juga kepada peserta yang sudah bersedia dibina bersama. Ujar Ocen.

Kemudian Ocen juga menambahkan, “untuk keluarga besar Imasika, pengurus Imasika dan tim TaBelNaKeR, hal-hal positif yang telah dijalinkan supaya tetap dipertahankan dan yang masih dianggap kurang segera diperbaiki sama-sama, selalu bekerja sama dan semakin kompak kedepannya untuk menciptakan bibit-bibit generasi pemimpin Imasika yang berkualiatas dan beriman. Sedangkan untuk Imasika 2019, selamat telah melalui proses ini, semoga dapat berkontribusi dalam membangun Imasika yang lebih baik.”

Di akhir kegiatan, Tim TaBelNaKeR juga meminta pesan dan kesan dari peserta yang telah dipilih sebagai perwakilan peserta TaBelNaKeR 2019. “Saya sangat terkesan dengan adanya TaBelNaKeR ini yang dapat memotivasi diri saya dan sangat menggugahkan jiwa kepemimpinan rohani saya. Sehingga saya tahu apa arti hidup ini sebenarnya. TaBelNaKeR banyak memberikan ilmu dan arti  yang sangat berharga buat saya. Terutama arti kebersamaan dan kekeluargaan yang harmonis. Serta di sini saya bisa menambah teman dan saudara yang seiman,” kesan Theo selaku perwakilan dari peserta putra.

“Semoga kegiatan ini tetap dilaksanakan secara rutin dengan kegiatan yang lebih seru lagi, dan saya berharap agar TaBelNaKeR tahun selanjutnya dapat diikuti lebih banyak lagi pesertanya, karena kegiatan ini sangat seru dan bisa memotivasi kan diri  kita untuk kehidupan kedepannya,” tambah Theo sebagai pesannya

“Untuk kesannya, Yola sangat senang bisa mengikuti kegiatan TaBelNaKeR karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan, menambah rasa kekeluargaan antar sesama keluarga Imasika, rasa solidaritas dan pembelajaran tentang TaBelNaKeR dan manfaatnya,” kesan Yola selaku perwakilan dari peserta putri.

“Yola berharap agar pelaksanaan TaBelNaKeR berikutnya dapat diikuti oleh lebih banyak peserta, panitia, serta keluarga besar dan kualitas materi yang disampaikan dapat lebih baik lagi, dan soal makanan mungkin bisa diperbaiki lagi sistemnya,” tambah Yola sebagai pesannya.

Penutupan TaBelNaKeR 2019 yang telah berlangsung tersebut dikemas dan dijalankan dengan penuh sukacita oleh Tim dan peserta TaBelNaKeR. Selama kegiatan, peserta menggunakan name tag bertuliskan satu kata positif yang menggambarkan dan menjadi target sifat positif yang harus ditanamkan di dalam kepribadiannya. Kata tersebut dibuat oleh tim TaBelNaKeR yang sudah dikosultasikan dengan Divisi PSDM sesuai dengan hasil kuisioner yang telah diisi oleh peserta saat TaBelNaKeR pertama dan kedua, sebelum penutupan.

Hal unik dari kegiatan ini yaitu, setiap peserta yang telah mengikuti TaBelNaKeR dikukuhkan dan diberi gelar S.T. (Sarjana TaBelNaKeR) 2019. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh Keluarga Besar Imasika di depan kapel Bukit Hati Kudus Darit.

 

No comments:

Post a Comment