Aktivitas Sosial Imasika (AkSI) 2020

Foto Bersama Saat Survei Penentuan Lokasi AkSI 2020

Aktivitas Sosial Imasika (AkSI) merupakan program kerja rutin dan unggulan dari Imasika St. Thomas Aquinas FMIPA Untan di Divisi Humas dan Informasi. AkSI ialah wujud kegiatan sosial, kepedulian dan pemberdayaan umat katolik oleh mahasiswa Katolik FMIPA Untan. Hal ini dilaksanakan sesuai dengan situasi umat agar tujuan dan sasaran kegiatan AkSI yang mengedepankan kepedulian, kepentingan umum, pendampingan dan pemberdayaan umat dapat berjalan secara efektif.

Pada tahun 2020 ini mengangkat tema “Bertolong - tolonglah menanggung beban mu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus” dikutip dari ayat Galatia 6 : 2. AkSI 2020 diadakan di Stasi Parasan, Desa Suak Barangan, Kecamatan Sadaniang, Kuasi Paroki St. Petrus Mempawah. Pelaksanaan AkSI 2020 ini adakan dalam bentuk penyaluran donasi berupa uang tunai kepada umat Katolik yang ada di Stasi Parasan untuk keperluan umat Katolik yang ada disana dalam memenuhi kebutuhan ditengah pandemi Covid-19 dan  untuk membenahi keadaan Gereja baik berupa fisik Gereja maupun keperluan Gereja.

Banyak antusias dari Keluarga Besar Imasika dan orang-orang sekitarnya yang peduli terhadap saudara-saudara kita yang ada di Stasi Parasan dalam persiapan yang diadakan serta dalam pengumpulan dana. Berbagai donasi yang disampaikan melalui Panitia AkSI berupa bahan makanan, buku-buku pelajaran dan cerita, pakaian layak pakai dan uang tunai.

Meskipun AkSI 2020 ini diadakan di dalam situasi dan kondisi ditengah pandemi Covid-19 tidak sedikitpun mengurangi makna dan tujuan dari  diadakannya AkSI dimana sebagai Mahasiswa Katolik FMIPA yang yang disatukan dalam Imasika dapat saling melayani, membantu dan berbagi.

“Kami mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Keluarga Besar Imasika St. Thomas Aquinas atas bantuan yang diberikan berupa uang melalui saya Ketua Umat Parasan. Mudah-mudahan Tuhan membalasnya dengan kebaikan-kebaikan yang melimpah.” Ucap Marius Ca’e, Ketua Umat Parasan sewaktu menerima dana dari panitia AkSI 2020

Segala persiapan yang dilakukan oleh Imasika St.Thomas Aquinas dalam AkSI 2020 ini tak lepas dari bantuan dan kerjasama Panita AkSI, Pengurus dan Keluarga Besar Imasik St. Thomas Aquinas. Dengan kebiasaan AkSI pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan berhari-hari dan kali ini berbeda tetap tidak mngirangi rasa bersyukur serta saling dukung antar satu sama lain di Imasika St. Thomas Aquinas.

”Sangat menyenangkan bisa ambil bagian dalam AkSI 2020 ini menjadi panitia bisa mengenal proses belajar menjadi panitia yang baik, dan terlibat dalam mempersiapkan segal bentuk perisapan serta menyenangkan bisa berkumpul bersama dalam keluarga besar Imasika St. Thomas Aquinas.” Yolanda Denisia Natalsiani salah satu panitia AkSI 2020

“Yang paling berkesan dalam AkSI adalah bisa bersosialisasi, dengan masyrakat yangg memiliki karakter dan budaya yangg berbeda dengan kita. Selain itu, walaupun dalam kegiatan AkSI tahun ini tidak bisa kita laksanakan dengan jumlah masa yangg ramai karena pandemi Covid-19 namun kita tetap bisa merasakana apa yang menjadi harapan dan impian masyrakat selama ini yang mungkin tidak bisa mereka wujudkan karena keterbatasan tertentu.” Perdinandus Melki selaku Ketua Panitia AkSI 2020

Dengan dilaksanakannya AkSI 2020 dengan konsep pelaksanaan yang berbeda  dapat menjadi cerita serta pengalaman untuk Keluarga Besar Imasika St. Thomas Aquinas secara keseluruhan bahwa dalan membantu sesama, melayani dan berbagi tidak hanya dapat dilakukan dengan cara-cara yang luarbiasa, hal kecil seperti mentaati aturan kampus serta pemerintah sempat lokasi AkSI untuk tetap dirumah saja dan berbuat baik dari kejauhan sudah menjadi contoh dan berkat bagi masyarakat setempat.

“Semoga AkSI ditahun 2020 ini dapat membawa kerinduan kepada Keluarga Besar Imasika St. Thomas Aquinas untuk dapat berkumpul dalam melayani sesama sehingga di AkSI selajutnya di tahun 2021 dapat lebih baik dan dapat mewartakan kasih sukacita diandasi oleh semangat yang membara.” Himbau Agustinus Eusebius Ketua Umum Imasika St.Thomas Aquinas periode 2019/2020

Marius Ca'e, Ketua Umat Stasi Parasan

“Harapan dari kami umat Stasi Parasan kepada Keluarga Besar Imasika mudah-mudahan tahun depan atau dikesempatan lain  bisa datang dan berkunjung secara langsung untuk bertemu langsung serta berbagi dengan umat Katolik di Stasi Parasan,” tutup Ketua Umat Stasi Parasan Marius Ca’e.

Sampai jumpa di Aktivitas Sosial Imasika 2021!




No comments:

Post a Comment