Throwback TaBelNaKeR 2019 Kedua


Tahap Pembelajaran dan Pembinaan Kepemimpinan Rohani (TaBelNaKeR) merupakan program kerja rutin dari divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Ikatan Mahasiswa Katolik (Imasika) St. Thomas Aquinas yang diselenggarakan sebanyak tiga kali setiap satu periode kepengurusan di Imasika. TaBelNaKeR 2019 mengangkat tema “Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.” Tema ini dikutip dari Ibrani 10:24.
“Tujuan dari TaBelNaKeR yaitu untuk membentuk kader-kader Imasika yang berjiwa rohani. Selain itu, juga sebagai alur tujuan untuk menjadi pengurus dan untuk menjalin silaturahmi antar mahasiswa yang beragama Katolik,” kata Koordinator Tim TaBelNaKeR 2019, Bartolomius.
Kegiatan TaBelNaKeR 2019 yang kedua diselenggarakan pada Minggu (23/02/2020) di Gedung Baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan), Pontianak. TaBelNaKeR 2 ini mengangkat sub-tema “Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun” yang dikutip dari Roma 14:19.
TaBelNaKeR 2 ini diikuti oleh 83 peserta Imasika 2019. Kegiatan diawali dengan registrasi dan sarapan bersama. Kemudian peserta, tim, dan keluarga besar Imasika mengikuti misa di Paroki St. Sesilia, Pontianak. Kegiatan dilanjutkan di Gedung Baru FMIPA Untan.
Tema dari materi pertama adalah “Tujuan Hidup”. Materi ini dibawakan oleh Suster Muthia Lestari, SMFA. Melalui materi ini peserta dapat mengetahui bahwa hidup ini adalah kesempatan, dan peserta harus menjadikan kesempatan ini sebagai berkat.
Materi kedua mengangkat tema “Keorganisasian dan Rapat” yang dibawakan oleh Yakobus Dapi (Imasika 2015). Materi kedua ini sangat menarik karena disertai dengan simulasi materi berupa diskusi mosi. Terdapat lima mosi yang diangkat, masing-masing mosi didiskusikan oleh dua kelompok. Hasil diskusi mosi tersebut kemudian dipresentasikan di hadapan semua peserta yang hadir.
Agenda TaBelNaKeR 2 dilanjutkan dengan diskusi angkatan yang dipimpin oleh ketua angkatan Imasika 2019, Kevin Nata Hardika dan dipandu oleh Ketua Umum Imasika Periode 2019/2020, Agustinus Eusebius dan Kepala Divisi PSDM Imasika Periode 2019/2020, Valentinus Markus. Topik dari diskusi angkatan ini yaitu seputar kendala-kendala bagi Imasika 2019 dalam mengikuti penutupan TaBelNaKeR mendatang seperti dana, izin orang tua, dan merangkul angkatan.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan sharing bersama mentor. Topik yang didiskusikan yaitu seputar kegiatan TaBelNaKeR 2 yang sudah berlangsung dari pagi sampai sore. Mendekati penghujung acara, peserta diminta untuk mengisi kuesioner. Rangkaian acara TaBelNaker 2 ini ditutup dengan pembagian rewards dan foto bersama.
"Seru, menyenangkan, menambah pengalaman baru, mengetahui organisasi dan tujuan hidup," kesan ketua angkatan Imasika 2019, Kevin Nata Hardika. "Harapannya untuk panitia, tetap semangat. Untuk Imasika 2019, semoga semakin kompak."
Selain Kevin, peserta TaBelNaKeR 2 yang lain juga merasakan kesan yang seru dan menyenangkan. "Seru, senang, bahagia, dan tak terlupakan," kesan tiga peserta TaBelNaKeR 2 yang lain, yaitu Florensi Silva, Gitta Evangelista, dan Maria Tripina. "Harapan untuk tim, semoga lebih baik. Harapan untuk Imasika 2019, semoga makin kompak dan kekeluargaannya makin terasa."
"Luar biasa. Belum pernah TaBelNaKeR sebelumnya memiliki anggota sebanyak itu. Ini merupakan TaBelNaKeR terbanyak," kesan Koordinator Tim TaBelNaKeR 2019, Bartolomius. "Pesan untuk Imasika 2019, jangan bosan ikut kegiatan. Setiap kegiatan pasti memiliki hikmah yang positif. Silakan dipilah. Pesan untuk tim, semoga lebih kompak."

No comments:

Post a Comment